Posted in Tak Berkategori

BIKIN PIXEL OBJECT Pixel itu apaan sih? …

BIKIN PIXEL OBJECT

Pixel itu apaan sih?

Kata Diki :

Semua image, photo atau apalah di computer sebenernya dibangun dan dibentuk oleh pixel-pixel, tapi yang membedakan pixel art dengan digital graphic imaging lainnya mungkin treatment pada proses pembuatannya, pixel art umumnya digambar perpixel (umumnya saat menggambarnya menggunakan tools/help grid ala strimin, tapi tergantung tools dan selera artisnya juga sih), umumnya palet dan resolusinya dibatasi (disengaja untuk mendapatkan efek pixel-pixel kasar ala tampilan icon / classic pixelite layout). Pokoknya sebenernya stylenya pasti kliatan bedalah antara pixel art dengan style konvensional. Yang istimewa lagi dari pixel art ini adalah umurnya lebih tua dari seni digital graphic lainnya, dia sudah muncul dari jaman video game jaman baheula (atari dsb.) berkembang di nintendo dst.

hingga akhirnya komputer mampu menampilkan image.. baik untuk game DOS dll. Kemudian di era desktop/windows, pixel art ini salah satu penggunaannya yaitu dipakai dalam pembuatan icon. Disaat resolusi semakin tinggi dan kualitas gambar digital semakin halus dan genrenya ke 3D rendering, masih banyak orang2/komunitas pecinta penciptaan image dengan pixel-pixel, dan salah satu cabang dari digital graphic yang satu ini yang menurut gue disebut “pixel art”.

Tadaaa.. sekian ^_^

Bikinnya pake apaan sih?

Mmmm… tools yang dipake buat bikin pixel bisa pake adobe photoshop dan layernya di perbesar 800% atau 1600% terus pengerjaannya menggunakan pencil tool.

Atau kalo gak ada adobe photoshop, pake paintshop bawaannya windows juga bisa koq, tinggal perbesar aja bidang kerjanya dan mulai menggambar.

Yang pasti di tuntut banget kreatifitas dan harus sabar. Soalnya pan kecil, terus di kerjainnya kudu nitikin atu-atu.. Mending kalo cuman garis doang tinggal drag.. lha kalo udah bikin detail-detailnya? Wah kudu sabar banget deh nitikinnya. Atau.. ada cara yang lebih praktis? Sampe hari ini gue lom dapet caranya bikin detail pixel dengan cepet dan efisien.

Contoh site yang pixel oriented :
http://www.supertotto.com
http://www.eboy.com

Penulis:

Mobile Streetphotography enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s