Posted in Umum

Phobia

Ada kebiasaan yg gue lakuin sebelum tidur malem. Baca buku. Nah, gw baca buku vocabulary. Ada bagian yang menjelaskan tentang penyakit-penyakit kejiwaan. Baca atu-atu nama penyakitnya berikut dengan artinya. Dalam kehidupan, gw hampir selalu berjumpa dengan orang-orang yang memiliki paling tidak satu jenis penyakit jiwa yang ditulis di buku itu. Hmm… satu atau dua dari yg ditulis ada kemungkinan juga gw idap hehehehehehe… Atau mungkin kamu juga punya?

PHOBIA UMUM

ceraunophobia = ketakutan yg muncul karena mendengar suara gemuruh/ledakan yang ditimbulkan petir.

astraphobia = ketakutan oleh kilat yang menyambar-nyambar ketika hujan.

ophidiophobia = panik melihat ular. Sekalipun ularnya dalam kotak kaca.

nyctophobia = takut dengan kegelapan. Penderita harus terus berada di tempat terang. Biasanya histeris dan panik kalo gelap.

acrophobia = takut pada ketinggian. Penderita biasanya takut naik pesawat terbang atau berada di gedung yang tinggi.

pyrophobia = takut pada api.

aquaphobia = takut pada air. Bayangan akan tenggelam terus menghantui. * jangan2 penderitanya jarang mandi, ya? :p *

ailurophobia = takut ma pus meong (kucing). Kalo ada kucing di jalan, penderita pasti lari terbirit-birit seperti tikus. *mental tikus? hehehehehe*

cynophobia = ketakutan ma hewan berjenis anjing.

agoraphobia = penderita merasa panik dan ketakutan bila berada di tempat terbuka yang sepi, misal: lapangan yang kosong, gedung kosong atau tempat yang gak banyak ada orang.

triskadekaphobia = liat angka 13 koq takut? Takut sial, takut ini dan itu.

claustrophobia = gak nyaman oleh ruangan sempit atau kerumunan manusia. Ruangan sempit itu yah contohnya kamar kost-kostan 3 x 3 m penuh perabotan. Kalo gak ada ruang gerak yang cukup untuk si penderita claustrophobia akut, biasanya si penderita panik.

xenophobia = ketakutan pada orang asing. *Don’t talk to stranger :p *

Penyakit jiwa lainnya

hypochondria = selalu komplain tentang penyakit imajiner. Misalnya sakit kepala dibilang ada tumor otak.

amnesia = hilang ingatan. Gak tau siapa dirinya sendiri. Penyakit bisa diakibatkan benturan keras di bagian kepala. Atau mungkin shock berat secara emosional sehingga ingatannya hilang.

somnabulism = berjalan dalam tidur. Orang tidur koq jalan-jalan?

insomniac = penyakit susah tidur. Maksud hati pengen tidur, apa daya mata tiada sanggup terkatup. Nah ini pernah ngalemin. Solusinya kalo gw mah makan CTM[1] 1-2 butir, langsung pules..

Penyakit jiwa sangat serius

manic-depression = alternating moods of black depression and wild, uncontrollable exaltation or excitability. Perubahan gak bisa diprediksi dan datangnya tiba-tiba.

schizophrenia[2] = kepribadian ganda. Penderita sering kehilangan kesadaran dengan lingkungan sekitarnya, dan tinggal dalam alam dunia yang dia buat sendiri. Dan sering membayangkan bahwa dia adalah orang lain.

melancholia = merasa selalu jatuh pada kondisi yang gak ada harapan. Penderita sering terpikir atau mencoba bunuh diri sebagai jalan keluar.

paranoia = ketakutan berlebihan. Penderita membayangkan bahwa orang-orang sekitarnya mencoba untuk mencelakainya. Atau merasa di kejar-kejar/dihantui/diburu oleh manusia laiinya dan semua orang memusuhinya.

futnot:

1 obat kaligata[3].

2 salah satunya pula adalah megalomaniak, dimana penderita benar-benar mengganggap dirinya dengan yakin adalah tokoh (yang terkenal) seperti Napoleon Bonaparte, Julius Caesar atau Hitler. Bahkan ada menganggap diri sebagai Tuhan.

3 penyakit gatal-gatal dan menimbulkan bentol-bentol sekujur tubuh. Rasanya seperti dikerubuti oleh ribuan ulat bulu. makin di garuk makin menjadi. penyebabnya: alergi atau udara.

Penulis:

Mobile Streetphotography enthusiast.

2 thoughts on “Phobia

  1. tulisan lw krn jga. gw pengen blg aja klo gw paling takut mengerjain tgs n ternyata gw bs ngerjainnya beban bget jd gw plg gak sk d srh ngerjain tgs apa lg yg gmpng

  2. kalau takut “keren” apa cc nama ilmiahnya :(?? ew..lagi lihat sapa yg ol ada meri disini lagi ketakutan ma tugas, kerjain aja drpd hbs waktunya buat ketakutan mpe kemalama^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s