Posted in Opini

Topeng

today class, anak-anak membuat topeng. untuk anak usia 3-4 tahun karya mereka cukup mengesankan saya. selama 2 bulan terakhir ini kemajuan mereka cukup pesat dalam hal berkreasi. selamat nak, ibu dan bapak guru-mu bangga pada kalian.

kami pembasmi kejahatan, siap sedia menghadang kalian bandit-bandit.topeng biasa digunakan untuk menutupi wajah, menyembunyikan rupa asli seseorang dari manusia lain supaya tidak dikenali. topeng juga digunakan dalam tari-tarian baik tradisional dan moderen antara lain tari-tarian tradisional jawa – bali yang menggunakan topeng. atau tari-tarian dari borneo (dayak). penggunaan topeng bisa bergantung pada niat si pemakai topeng seperti digunakan untuk menutup wajah ketika sedang melakukan tindak kriminal. atau tokoh-tokoh superhero yang rata-rata selalu menggunakan topeng ketika beraksi (batman, spiderman, flash, zorro, gundala dan lain sebagainya). untuk apa? untuk melindungi kerabat dekat juga dirinya sendiri dari musuh dan manusia lain yang (mungkin) punya niat jahat (isi hati dan kepala manusia siapa yang tau, kan? kecuali Tuhan dan dirinya sendiri).

pahlawan bertopeng jagad mayadi dunia maya juga terjadi hal serupa. beberapa orang menutupi identitas asli untuk tujuan keamanan dan kenyamanan–termasuk saya. rasanya tidak ada beban untuk menulis tentang sesuatu, melakukan sesuatu atau bahkan mencela dan memaki-maki seseorang/sesuatu. pengecut? terserah. toh tujuannya bukan untuk cari sensasi, kemasyuran dan publikasi, tapi lebih pada rasa aman dan nyaman dalam mengungkapkan sesuatu lewat tulisan. kalo pun jadi terkenal, biasanya itu karena orang lain yang menjadikannya seperti itu, bukan sengaja oleh orang yang bersangkutan. jurnal-jurnal berbobot isinya(menurut saya) yang banyak saya temukan, kebanyakan si penulisnya tidak menggunakan identitas asli. gak ngerti kenapa bisa seperti itu.

jadi, rasanya tidak ada ruginya untuk tidak mengumbar identitas asli di dunia maya🙂

Penulis:

Mobile Streetphotography enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s