Posted in Umum

Tips Travelling Dalam Kota

Dasarnya memang cuek, tak pernah (mau) cari tau pelosok kota saya huni sekarang. Akibatnya saya selalu minta dijemput lantaran tak tahu kalau diminta untuk datang ke suatu tempat. Maka untuk mengatasi itu, saya selalu menyempatkan diri untuk keliling kota Jakarta bila akhir pekan tiba. Biasanya dilakukan pagi atau siang hari. Kalau malam? Jelas tidak mungkin, karena saya pacaran.

Selagi jalan-jalan atau yang biasa saya namai dengan travelling dalam kota ini, saya selalu mencari objek-objek yang bisa saya potret. Menyelam sambil minum air kata pepatah. Menjelajah kota boleh jadi kegiatan yang menyenangkan bila membawa perlengkapan yang cukup.

Berikut perlengkapan yang biasa (wajib) dibawa :

Ransel
ransel Tas gendong ini berfungsi untuk menyimpan barang-barang yang (mungkin) diperlukan diperjalanan. Seperti kamera, jaket, air mineral, jas hujan, buku, peta dan lain sebagainya. Boleh juga diisi dengan bekal makanan seperti roti dan kudapan lainnya sebagai teman seperjalanan.

Tas Pinggang
tas pinggang Kalau barang ini biasanya dipakai untuk menyimpan baterai cadangan, ponsel, mp3 player, charger, rokok dan obat-obatan pribadi. Tas pinggang yang saya pakai tidak hanya meliliti pinggang saja tapi juga melilit paha. Selain karena tas terasa lebih kokoh terikat pada pinggang, juga penampilan terlihat lebih keren dan gagah bagi pemakainya.

Celana Kargo
celana kargo Celana banyak kantong atau saku yang serba guna ini, bahannya cukup kuat, tidak mudah robek (robek atau sobek yang betul?). Dulu orang bilang ini celana lapangan yang banyak dipakai oleh pencinta alam dan pendaki gunung.

Uang
Dari semua yang disebutkan di atas, uang merupakan hal penting. Bawalah uang tunai secukupnya untuk ongkos angkutan umum. Tidak perlu bawa banyak uang, karena hal itu hanya akan mengundang tindak kriminal terhadap Anda. Syukur-syukur kalau ada yang berbaik hati memberikan tebengan. Lebih irit ongkos lagi.

Siapkan uang receh untuk antisipasi pengamen ‘rese’ bila Anda terpaksa naik metromini. Pecahan Rp. 25,- Rp.50,- s/d Rp. 100,- cukuplah.

Jangan lupa sebelum travelling dalam kota, tentukan dulu tujuan Anda. Biasakan untuk mengunjungi lokasi lebih dari satu. Cari tahu rute-rute kendaraan umum. Anda bisa mendapatinya di terminal-terminal bus. Paling mudah mungkin naik transjakarta. Dan apabila sampai di tujuan, banyak-banyaklah potret objek.

Oya satu lagi, hati-hati copet.

Penulis:

Mobile Streetphotography enthusiast.

4 thoughts on “Tips Travelling Dalam Kota

  1. hah? pecahan Rp 25?
    *cek tahun post

    Adezigh said:
    Wah.. iya.. sorry. Harus saya ralat. Bukan Rp. 25,- melainkan Rp. 50,-. Thx, Dod🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s