Posted in Umum

Kalibrasi Monitor

Pernah merasa bahwa gambar atau foto warnanya berbeda ketika diupload di website? Mungkin di monitor kita warna foto baik dan tidak gelap. Tapi ketika diakses dari tempat lain, foto tampak gelap.

Pengalaman ini pernah saya alami sendiri. Ketika saya mengupload foto dan saya akses dari komputer kantor. Tidak ada masalah. Fotonya terang dan jelas. Warna-warnanya pun baik. Untuk foto hitam-putih, tingkat kontrasnya pun terlihat (hitam pekat, abu² berikut gradasinya sampai putih). Namun sayang, ketika diakses di tempat lain, tidak demikian halnya.

Saya menemukan sebuah artikel tentang hal ini. Dan baru menyadari betapa pentingnya mengalibrasi monitor. Tentu saja, warna yang dihasilkan oleh monitor LCD dan monitor biasa (cembung) agak berbeda. Umumnya, menurut penglihatan saya, monitor LCD lebih terang dan warna-warnanya lebih muncul.

Dpreview.com mengatakan, bahwa mereka mengalibrasi monitor normal PC pada gamma 2.2, yang artinya dengan mengalibrasi monitor, kita bisa membedakan setiap warna pada tiap kotak seperti gambar di bawah ini :

grayscale

Mereka merekomendasikan settingan ini untuk mendapatkan hasil yang baik pada saat mereview foto hasil kamera digital yang mereka nilai. Bila monitor Anda sudah dikalibrasi dengan benar maka Anda bisa melihat perbedaan warna antara kotak A, B dan C begitu juga perbedaan warna pada kotak X, Y dan Z.

Penulis:

Mobile Streetphotography enthusiast.

3 thoughts on “Kalibrasi Monitor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s